5 Hal Perlu Diketahui Saat Pengiriman Cargo Internasional

5 Hal Perlu Diketahui Saat Pengiriman Cargo Internasional

Sulit dipercaya betapa cepatnya dunia menyusut, bukan? Pesan dikirim antar negara dalam sekejap, orang dapat berkeliling dunia dalam rentang satu hari, dan mengirim paket ke orang yang dicintai di luar negeri menjadi lebih terjangkau untuk semua orang.

Pengiriman internasional terus berkembang setiap tahun dengan semakin banyak paket melintasi perbatasan,

Berikut kami menyusun daftar lima hal yang perlu Anda ketahui saat melakukan pengiriman cargo internasional

1. Ketahui kepada siapa Anda mengirim

Ketahui kepada siapa Anda mengirim

Yang ini mungkin tampak seperti no-brainer, tapi sangat penting. Penipu menjadi lebih baik dalam membuat penipuan yang dilakukan dari negara lain. Mereka menggunakan email untuk menjalin hubungan dan kemudian mengirimkan barang kepada mereka tanpa bermaksud memberikan penggantian atau pekerjaan yang diminta untuk dilakukan pada barang Anda. Kebanyakan penipuan internasional melibatkan transfer uang melalui layanan seperti Western Union, tetapi terkadang penipu menginginkan barang berwujud dikirimkan kepada mereka.

Intinya adalah selalu mengetahui penerima. Pastikan mereka adalah orang yang dicintai, rekan kerja, atau seseorang yang pernah Anda ajak bicara secara pribadi dan telah menerima informasi yang dapat diandalkan.

2. Ketahui apa yang Anda kirim

Sekali lagi, no-brainer, bukan? Meskipun barang tertentu mungkin tampak tidak berbahaya atau dapat diterima untuk pengiriman domestik, operator seperti DHL, FedEx, UPS, dan USPS memiliki peraturan yang harus diikuti saat pengiriman ke luar negeri.

Salah satu contoh umum adalah elektronik yang didukung oleh baterai lithium. Mengirim beberapa laptop secara domestik melalui layanan Ground dapat diterima, tetapi yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa Anda hanya dapat mengirim maksimal dua baterai atau empat sel secara internasional dan mereka harus dipasang di item yang mereka daya. Contoh lain yang tampaknya tidak berbahaya adalah kaktus kecil. Mengirimnya ke Amerika Serikat boleh-boleh saja, tetapi coba kirim ke negara lain dan kemungkinan besar Anda tidak akan bisa. Itu semua tergantung pada negara tujuan pengiriman Anda, yang membawa kami ke poin ketiga kami.

3. Ketahui tujuan pengiriman Anda

Ketahui tujuan pengiriman Anda

Setiap negara berbeda dan oleh karena itu setiap negara memiliki daftar sendiri tentang item yang akan mereka terima. Meksiko jarang mengizinkan pakaian bekas masuk ke negara itu. Terkadang tergantung di mana barang itu diproduksi yang dapat mencegahnya memasuki negara yang dituju. Variabel lainnya adalah kerusuhan politik di dalam negeri. Ada periode waktu di musim panas 2014 ketika DHL menolak mengirimkan paket apa pun ke Rusia selama krisis Ukraina.

Dengan begitu banyak variabel yang harus diperhatikan, bagaimana Anda bisa yakin bahwa barang Anda akan terkirim? Anda tidak bisa. . . itulah mengapa penting untuk menghubungi jasa kurir yang Anda gunakan untuk pengiriman dan menanyakan apakah barang yang Anda kirim akan diterima di negara tujuan pengiriman Anda. Operator telah memperbarui catatan tentang apa yang dikecualikan dan semua dokumen yang diperlukan yang Anda perlukan untuk mengirimkan paket Anda. Dokumen sangat penting, yang membawa kita ke poin berikutnya.

4. Ketahui dokumentasi apa yang Anda butuhkan

Item yang berbeda membutuhkan jenis dokumen yang berbeda. Yang paling umum adalah Faktur Komersial. Ini adalah daftar rinci pengirim, penerima, dan daftar semua barang yang dikirim termasuk nilainya dan negara asalnya (tempat pembuatannya). Biasanya, jika semua yang Anda kirim adalah dokumen, Anda tidak perlu mengisi faktur komersial.

Ada formulir lain yang mungkin perlu diisi tergantung pada apa yang Anda kirim dan ke mana Anda mengirimkannya. Tekstil adalah salah satu contoh barang yang biasanya membutuhkan dokumen tambahan. Di bawah ini adalah daftar formulir umum yang digunakan untuk pengiriman internasional:

Certificate of Origin: Dokumen ini menyatakan bahwa barang yang akan dikirim berasal dari negara tempat pembuatannya. Anda menyertakan alamat pengirim dan penerima serta daftar rinci isinya. Setelah semuanya diisi dengan benar, Anda menandatangani dan memberi tanggal. Ini kemudian harus ditandatangani, disegel, dan diaktakan oleh seseorang di Kamar Dagang setempat.

Deklarasi Ekspor Pengirim (SED): Dokumen ini diperlukan jika nilai pabean melebihi $ 2.500 atau jika diperlukan lisensi ekspor. Anda juga akan membutuhkan dokumen ini jika paket Anda tunduk pada Peraturan Lalu Lintas dan Senjata Internasional (ITAR) tetapi dibebaskan dari persyaratan lisensi atau jika Anda mengirimkan berlian kasar yang dimulai dengan HTS 7102.10, 7102.21 dan 7102.31. Jika Anda mengirim ke Kuba, Iran, Irak, Sudan, Korea Utara, Libya, Suriah, atau Serbia (tidak termasuk Kosovo), Anda harus mengisi formulir ini.

Peraturan untuk SED dikendalikan oleh Biro Sensus AS dan terus diperbarui. Untuk daftar lengkap persyaratan dan pembaruan, Anda dapat mengunjungi fedex.com dan mencari SED.

Sertifikat Asal NAFTA: NAFTA adalah singkatan dari Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara dan berlaku untuk pengiriman antara AS, Kanada, dan Meksiko. Anda akan membutuhkan dokumen ini jika paket internasional Anda akan dikirim ke salah satu negara tersebut dan nilai bea cukai melebihi $ 1.000.

Informasi Ekspor Elektronik (EEI): Dokumen ini diperlukan saat Anda mengirimkan barang elektronik dan nilai bea cukai melebihi $ 2.500.

5. Ketahui berapa yang Anda bayar saat mengirimkan paket

Ketahui berapa yang Anda bayar saat mengirimkan paket

Ada beberapa opsi dari https://www.betberry.org/ saat pengiriman internasional. Penting untuk mengetahui untuk apa Anda membayar karena layanan yang berbeda. USPS biasanya paling murah. Namun, paket tersebut hanya dapat dilacak di Amerika Serikat; setelah meninggalkan AS, tidak ada pelacakan dan tidak ada cara untuk mengetahui apakah itu telah dikirim. Ini akan diserahkan dari sistem pos kami ke sistem pos negara penerima, yang memiliki metode dan sistem pelacakan yang sama sekali berbeda dari yang kami lakukan.

Operator utama (UPS, FedEx, dan DHL) akan lebih mahal, tetapi Anda mendapatkan pelacakan dari pintu ke pintu. Ini membantu memastikan paket tidak akan hilang atau dicuri selama proses bea cukai. Dari operator besar, DHL cenderung menjadi pemimpin internasional. Itulah yang terbaik mereka lakukan dan mereka memiliki akses ke rute perdagangan internasional yang dibayar ekstra oleh FedEx dan UPS untuk digunakan, sehingga membuat biaya mereka lebih tinggi.

Baca juga : Jenis Layanan Kargo Kapal Paling Umum

Seperti yang Anda lihat, pengiriman internasional bisa membuat stres, tetapi tidak harus memusingkan. Toko pengemasan dan pengiriman lokal Anda ada di sana untuk membantu Anda menavigasi melalui proses dengan melakukan sebagian besar pekerjaan untuk Anda; bahkan mengepak barang! Anda juga dapat menemukan sumber daya yang bagus dari situs web operator. Kami telah memposting beberapa di akhir postingan ini yang kami harap dapat membantu Anda.

Selamat pengiriman!